Sunday, January 27, 2013

Partisipasi penyusunan anggaran,

 Jurnal Ekonomi, Juranal Akutansi 
 
PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH DI PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH

ABSTRAK

Oleh : Rusmaini
FE Unsyiah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah di pemerintah kota banda aceh.

Penelitian ini dilakukan pada SKPD yang ada di pemerintah Kota Banda Aceh yang berjumlah 129 responden yang tersebar pada 5 kantor, 16 dinas, dan 5 Badan. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala bagian/bidang/subdinas yang ikut serta dalam penyusunan anggaran. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random sampling yaitu berjumlah 56 responden. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil pengujian yang menggunakan SPSS 13 yang telah diuraikan, membuktikan secara empiris bahwa tingkat signifikansi uji F sebesar 0,000 ( p < 0.05) dan nilai Fhitung sebesar 27.360 dan Ftabel pada tingkat signifikansi α = 5% (df=n-k-1 = 56-1-1=54) adalah 3.162 sehingga dapat disimpulkan nilai Fhitung > Ftabel yang berarti variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Dengan kata lain maka Ho ditolak dan Ha diterima dimana partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif secara signifikan terhadap Kinerja aparat pemerintah daerah di Pemerintah Kota Banda Aceh.

Kata Kunci : Partisipasi penyusunan anggaran, Kinerja manajerial