Sunday, January 27, 2013

Jurnal Ekonomi, Juranal Akutansi

Jurnal Ekonomi, Juranal Akutansi 

AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGAWASAN BIAYA (STUDI KASUS PADA PT. TELKOM, Tbk CABANG BANDA ACEH)

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengawasan biaya pada PT. Telkom, Tbk Cabang Banda Aceh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi manajemen perusahaan maupun penulis sendiri dalam menambah pengetahuan serta memperluas wawasan. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan sebuah tugas akhir sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pada Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil penelitian langsung pada PT. Telkom, Tbk Cabang Banda Aceh serta penelitian kepustakaan terhadap beberapa buku bacaan dan literature yang terkait dengan pembahasan tugas akhir ini. Adapun metode analisa yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan membandingkan data teoritis dengan data yang diperoleh dari perusahaan tersebut.
Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengawasan biaya telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan konsep akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan dari PT. Telkom, Tbk Cabang Banda Aceh. Hal ini dapat dilihat dalam laporan pertanggungjawaban yang baik yang selanjutnya dilakukan analisa penyimpangan guna melihat efisiensi tidaknya perusahaan.