Sunday, January 27, 2013

PENGARUH KAPABILITAS PERSONAL, FORMALISASI PENGEMBANGAN SISTEM, DUKUNGAN TOP MANAJEMEN TERHADAP PENGGUNA SIA

 jurnal akuntansi, Jurnal Ekonomi, 

PENGARUH KAPABILITAS PERSONAL, FORMALISASI PENGEMBANGAN SISTEM, DUKUNGAN TOP MANAJEMEN TERHADAP PENGGUNA SIA

ABSTRAK

NOPYATI HERANI 

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan daerah yang masyarakatnya sangat rajin menabung. Berdasarkan data yang didapatkan dari Kantor Badan Pusat Statistik sebelumnya perbankan di kota Banda Aceh memiliki kapabilitas personal dengan skill yang berkualitas dan mempunyai produk seperti: tabanas, pinjaman atas Modal Usaha dan deposito dan lain – lain. Seperti yang kita ketahui saat ini sistem perbankan di NAD sangat maju dan canggih dengan didasarkan oleh prinsip organisasi dan prinsip akuntansi serta undang – undang pemerintahan yang disiplin dan aman. Dengan diukur adanya Kapabilitas Personal, Formalisasi Pengembangan Sistem, Dukungan Top Manajemen terhadap Pengguna SIA(Studi Empiris Pada Perbankan di Kota Banda Aceh)

Populasi penelitian ini adalah semua personal bagian Akuntansi yang dijuluki sebagai pengguna SIA pada perbankan di Kota Banda Aceh. Masing – masing personal SIA adalah personal yang telah mampu mengaplikasikan sistem informasi akuntansi agar dapat meningkatkan kesempurnaan kinerja mereka. Jumlah populasi adalah pengguna SIA pada perbankan di Banda Aceh rata – rata 320 orang masing – masing pengguna SIA diambil dari 13 golongan perbankan yang ada di kota Banda Aceh.Jumlah sample yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 77 orang.

Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai koefisien korelasi (R) 0.798 yang menunjukkan bahwa derajat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 79.8%. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) = 0.636. Artinya sebesar 63.6% perubahan-perubahan Pengguna SIA karyawan dapat dijelaskan oleh perubahan-perubahan dalam faktor kapabilitas personal (x1), Formalisasi Pengembangan Sistem (x2), Dukungan Top Manajemen (x3). Sedangkan selebihnya yaitu sebesar 36.4% dijelaskan oleh faktor-faktor variabel lain diluar daripada penelitian ini.

Key word: Kapabilitas Personal, Formalisasi Pengembangan Sistem, Dukungan Top Manajemen,