Sunday, January 27, 2013

PERENCANAAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAHAN KOTA

jurnal akuntansi, Jurnal Ekonomi
 
PERENCANAAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAHAN KOTA BANDA ACEH

ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Dipenda telah melakukan perencanaan dan pengawasan yang efektif terhadap pendapatan Asli Daerah, serta seberapa besar jumlah pendapatan asli daerah yang direncanakan dapat direalisasikan.

Data penulisan TGA ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Data primer diperoleh melalui interview dan observasi. Metode pengolahan dan analisa data yang digunakan dalam penulisa ini adalah metode analisa deskiptif taitu data yang diperoleh dari lapangan lalu dikumpulkan dan dianalisa berdasarkan teori-teori dari pendapat para ahli yang ada hubungan dengan objek penelitian sebagai landasan teoritis yang kemudian diperoleh suatu kesimpulan dan saran.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian yang dilakukan, hasilb data menunjukan bahwa:(1) Perencanaan yang dilakukan oleh Dipenda telah baik, hal ini dapat dilihat dari kemampuan Dipenda dalam merealisasikan pendapatan asli daerah setiap tahunnya.(2) Pengawasan yang dilakukan juga telah cukup baik ,hal ini dapat dilihat dari adanya pembagian seksi pendataan dan pendaftaran, seksi penetapan, seksi penagihan dan seksi pelaporan. Selain itu, penyelewengan terhadap penerimaan PAD jarang ditemukan.

Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang selama ini dilakukan oleh Dipenda telah memenuhi target yang direncanaka. Hal ini didukung oleh baiknya control yang dilakukan oleh Dipenda sehingga penerimaan PAD mengalami peningkatan yang besar pada tiap tahunnya.